top of page
Search
  • Writer's picturepengobatan eksim herbal

Cara Mengobati Gatal Di Selangkangan Secara Herbal

Cara Mengobati Gatal Di Selangkangan Secara Herbal _ Rasa gatal merupakan suatu hal yang umum dirasakan setiap orang dan sering kita alami di berbagai kesempatan. Rasa gatal merupakan sesuatu yang tidak nyaman yang dialami oleh kulit, seakan – akan ada yang bergerak atau sekadar gatal. Namun secara otomatis otak kita akan merespon dengan gerakan menggaruk area yang gatal.


Penyakit Gatal Di Selangkangan


Seringkali gatal merupakan sesuatu hal yang mengganggu, apalagi jika gatal yang dialami di area selangkangan, tentu saja hal ini akan membuat kita malu. Pada umumnya gatal di area selangkangan ini dialami oleh para pria yang kurangnya rasa kesadaran akan kebersihan area selangkangan. Gatal pada area selangkangan biasanya berwarna kemerahan dan juga kulitnya seperti mengelupas, dan gatal pada selangkangan bagian pinggir akan tampak seperti kulit yang lecet.


Penyebab Gatal di Selangkangan


Sebelum membahas obat gatal selangkangan, kenali dulu penyebabnya, salah satu penyebab utama dari gatal pada area selangkangan adalah berasal dari diri kita sendiri, kurangnya rasa kesadaran dalam membersihkan diri. Berikut adalah beberapa penyebab gatal di selangkangan:


Infeksi Jamur

Salah satu penyebab yang paling sering muncul adalah infeksi jamur. Hal ini dikarenakan jamur mudah tumbuh pada area selangkangan sebab pada area ini cukup lembap dan apabila kurang memiliki kesadaran dalam kebersihan.


Infeksi Bakteri

Apabila kulit mengalami iritasi maka akan mudah terinfeksi, salah satu yang mungkin adalah terinfeksi bakteri yang biasanya ditandai dengan gatal pada area selangkangan dan kulit kemerahan, dan juga muncul nanah. Bahkan yang paling parah bisa mengakibatkan demam dan rasa nyeri.


Alergi

Alergi pada tubuh bisa disebabkan oleh reaksi kimia seperti pada sabun, krim, detergen, salep, pelembut kain, penyemprot tubuh, dan lainnya. Hal ini memungkinkan untuk timbulnya rasa gatal pada selangkangan dan juga menyebabkan ruam.


Scabies

Penyebab dari gatal pada area selangkangan ini adalah scabies yang disebabkan oleh kutu. Salah satu tempat favorit dari kutu ini adalah pada area kulit tipis yakni kulit pada celah – celah jari, perut, dan selangkangan. Hal ini ditandai dengan rasa gatal pada kulit dan terutama pada saat malam hari, bahkan anggota keluarga lain atau teman yang tinggal satu rumah pun ikut kena.


Radang Pada Kulit

Hal ini merupakan peradangan pada kulit yang hanya terjadi pada lipatan – lipatan kulit. Hal ini terjadi hanya jika kulit terinfeksi oleh gesekan dengan pakaian atau bahkan dengan kulit juga, dan yang paling buruk adalah karena lembap dan juga panas.



Obat Gatal di Selangkangan


Rasa gatal yang mengganggu dapat membuat seseorang tidak merasa nyaman. Untuk mengobati rasa gatal pada area selangkangan karena jamur anda bisa menggunakan krim anti jamur atau bedak anti jamur. Akan lebih baik apabila anda membersihkan terlebih dahulu area yang terinfeksi sebelum anda mengaplikasikan obat gatal selangkangan pada kulit anda. Untuk hasil yang lebih baik maka anda harus lebih teratur menggunakannya.

Sebaiknya anda mengikuti petunjuk pemakaian, meskipun gatal sudah mereda maka jangan langsung menghentikan pemakaian obat gatal selangkangan tersebut. Akan lebih baik untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan durasi yang disarankan, hal ini untuk berjaga – jaga agar infeksi tidak kembali kambuh. Hindari menggaruk pada area selangkangan Anda, sebab apabila digaruk maka akan menyebabkan infeksi bakteri dan menimbulkan bekas hitam. Dan hal ini memungkinkan untuk menggunakan obat antibiotik, dan obat antibiotik tentu saja harus berdasarkan resep dokter.


Cara Mencegah Penyakit Gatal Selangkangan



Cara mencegah Penyakit Gatal


Menjaga area selangkangan tetap bersih dan kering merupakan salah satu kunci untuk mencegah infeksi jamur. Keringkan dengan seksama setelah Anda mandi. Selain itu beberapa upaya lain meliputi:

  • Jangan berbagi baju atau handuk dengan orang lain.

  • Hindari terlalu lama mengenakan pakaian atau celana lembap atau basah, misalnya setelah Anda berolahraga atau berenang.

  • Pilih pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun.

  • Jangan gunakan pakaian dalam atau celana yang terlalu ketat.

  • Segera cuci pakaian, pakaian dalam, kaus kaki, atau handuk tiap kali setelah dipakai.

  • Ketika berada di kamar mandi yang digunakan untuk umum, gunakan alas kaki.

  • Hindari penyebaran infeksi jamur dari kaki ke area lain, termasuk selangkangan. Keringkan bagian kaki dengan handuk pada bagian akhir setelah selesai menggunakannya pada tubuh. Lalu gunakan kaus kaki sebelum Anda mengenakan celana, untuk meminimalisasi penularan.

  • Gunakan kondom ketika berhubungan intim dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya.

  • Ketika berbelanja untuk pakaian dalam dan renang, hindari untuk mencobanya secara langsung. Cuci terlebih dahulu sebelum memakai pakaian dalam dan renang yang baru dibeli.


Cara mengatasi gatal di selangkangan :


1. Menjauhi Makanan Pemicu Alergi

Mempunyai riwayat alergi seharusnya menjadikan Anda lebih waspada dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Ketika mengonsumsi makanan yang merupakan alergen tersebut, ada kemungkinan gatal tak hanya muncul di selangkangan saja, namun juga di punggung, leher, tangan bahkan hingga kaki.


2. Mandi Teratur

Hal yang sangat penting dan sering di anggap biasa saja padahal berdampak besar dalam penyakit kulit terutama gatal pada selangkangan yaitu mandi dengan teratur, mandi yang teratur bisa membunuh bakteri, jamur dan faktor penyebab lainya, biasakan sehari minimal mendi 2 kali, sebelum beraktifitas dan sesudah aktifitas.


3. Membilas dengan Air Garam

Bila ingin hasil yang memuaskan dalam mengatasi dan mengobati gatal di selangkangan, cobalah untuk memakai air garam untuk membilas bagian yang gatal-gatal. Gatal dan bakteri serta jamur yang menyerang area tersebut akan dilawan oleh kandungan antibakteri pada garam. Saat sesudah mandi atau kapanpun Anda mau, pakailah cara ini.


4. Menggunakan Bawang Putih

Sifat antibakteri dari bawang putih sangat kuat dan karena itulah Anda mampu memanfaatkannya sebagai salah satu obat gatal alami untuk meredakan gejala gatal secara instan.

Bila rasa gatal terus-terusan terasa begitu mengganggu, jangan ragu untuk menggunakan bawang putih demi meredakannya. Cukup dengan menyediakan 2-3 siung yang dikunyah-kunyah dan ditelan sudah akan dapat dirasakan hasilnya. Jika berani dengan rasa panasnya, buatlah menjadi bentuk pasta lalu aplikasikan ke area selangkangan yang kemudian ditutup dengan kain bersih. Tak perlu khawatir akan bahaya bawang putih mentah karena khasiatnya jauh lebih besar.


5. Menggunakan daun sirih

Cara mengatasi gatal di selangkangan menggunakan daun sirih sebagai berikut : Ambilah 10 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih, gunakan 5 lembar untuk digosok-gosokkan ke bagian yang gatal, dan 5 lembar sisanya direbus selama 2 sampai 5 menit. Cara penggunaannya cukup mudah, setiap 1 lembar daun sirih digunakan untuk 1 kali gosokan pada daerah yang gatal lalu buang daun sirih daun sirih yang telah dipakai kemudian ganti daun sirih yang baru dan begitu seterusnya. 

Untuk Konsultasi Dan Pemesanan Silahkan Anda Hubungi Kontak Kami


Call Center

11 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page